Pengertian Variabel Dependen, Independen, Moderating, Dan Intervening

Dalam penelitian, pastilah harus ada variabel penelitian. Variabel penelitian mencerminkan karakteristik populasi yang ingin ditelaah. Ada beberapa jenis variabel, diantaranya yaitu variabel Dependen, Independen, Moderating, dan Intervening. Berikut yaitu klarifikasi masing-masing jenis variabel tersebut.

Variabel independen (independent variable) yaitu tipe variabel yang menjelaskan atau mempengaruhi variabel yang lain. Variabel dependen (dependent variable) yaitu tipe variabel yang dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel independen. Kedua tipe variabel ini merupakan kategori variabel penelitian yang paling sering dipakai dalam penelitian lantaran memiliki kemampuan aplikasi yang luas.
Tujuan penelitian, menyerupai halnya tujuan teori yaitu menjelaskan dan memprediksi fenomena melalui banyak sekali uji (Baca juga: Uji Validitas, Reliabilitas dan Asumsi Klasik) . Penjelasan dan prediksi fenomena secara sistematis digambarkan dengan variabilitas variabel-variabel dependen yang dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel-variabel independen. Bentuk hubungan antara variabel-variabel independen dengan variabel-variabel dependen, sanggup berupa hubungan korelasional dan hubungan sebab-akibaat. Sesuai dengan fenomena social yang dijelaskan, bentuk hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen sanggup bersifat aktual atau negatif.

Hubungan pribadi antara variabel-variabel independen dengan variabel dependen kemungkinan dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Salah satu diantaranya yaitu variabel moderating, yaitu tipe variabel-variabel yang memperkuat atau memperlemah hubungan pribadi antara variabel independen dengan variabel dependen. Variabel moderating merupakan tipe variabel yang memiliki efek terhadap sifat atau arah hubungan antar variabel. Sifat atau arah hubungan antar variabel-variabel independen dengan variabel-variabel dependen kamungkinan aktual atau negatif dalam hal ini tergantung pada variabel moderating. Oleh lantaran itu, variabel moderating dinamakan pula dengan variabel contingency.

Variabel lainnya yaitu variabel intervening adalah tipe variabel-variabel yang mempengaruhi hubungan aantara variabel-variabel independen dengan variabel-variabel dependen menjadi hubungan yang tidak langsung. Variabel intervening merupakan variabel yang terletak diantara variabel-variabel independen dengan variabel-variabel dependen, sehingga variabel independen tidak pribadi menjelaskan atau mempengaruhi variabel dependen.

Sumber Pustaka: Nur Indriantoro, & Bambang Supomo. 2001. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE

Comments

  1. Pengaruh produk dan promosi terhadap keputusan nasabah menabung di bank BRI syariah Dan religiusitas sebagai variabel moderating. Itu judul benar atau salah? Benar pakai variabel moderating atau intervening?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Prosedur Audit: Pengujian Substantif Atas Aktiva Tetap

Prosedur Penyusunan Standar Akuntansi Keuangan (Sak)